Sistem Informasi dan Riset Pemasaran
Global
·
Sistem
Informasi Global
Sistem
informasi global adalah sebuah sistem dari jaringan-jaringan yang melintasi
batas-batas negara. Definisi lain dari Sistem Informasi Global adalah sebuah
sistem perangkat keras dan perangkat lunak yang digunakan untuk penyimpanan,
pengambilan, pemetaan dan analisis data geografis.
Dari segi definisi penggunaan Sistem
informasi global adalah sistem informasi yang berbasis komputer yang melintasi
batas batas negara dimana perusahaan multinasional dengan sistem tersebut bisa
mengintegrasikan seluruh kegiatan perusahaan seperti penyusunan strategi,
pelaksanaan operasi antara perusahaan induk dengan perusahaan cabangnya bahkan
yang di mana perusahaan cabangnya telah tersebar di berbagai negara lainnya.
·
Riset
Pemasaran
Riset
pemasaran merupakan kegiatan penelitian dalam bidang pemasaran. Riset pemasaran
harus dilakukan secara sistematis, yakni mulai dari perumusan masalah,
perumusan tujuan dari riset pemasaran, pengumpulan data, pengolahan data,
hingga interpretasi dari hasil riset pemasaran yang diperoleh. Riset pemasaran
dilakukan sebagai upaya memberi masukan bagi pihak manajemen. Dengan adanya
riset pemasaran, pihak manajemen akan mengetahui hal apa saja yang perlu
diperbaiki dan strategi pemasaran apa yang masih konkrit dilakukan untuk
merebut peluang.
·
Teknik
Analisis Riset Pasar Internasional
1.
Analisis pola permintaan.
Pola pertumbuhan industry dapat membantu pemahaman mengenai
permintaan pasar.
2.
Pengukuran elastisitas pendapatan.
Elastisitas pendapatan menguraikan hubungan antara
permintaan akan barang & perubahan dalam pendapatan.
3.
Perkiraan dengan analogi.
Perbandingan lintas bagian dengan mengasumsikan bahwa
terdapat analogi antara hubungan suatu factor dengan permintaan produk atau komoditi
tertentu dalam 2 negara.
Menggeser urutan waktu kejadian : jika data tersedia di 2
pasar dengan tingkat perkembangan yang berbeda.
4.
Analisis perbandingan. Ada 3
kategori dasar :
· Perbandingan nasional, baik intra
perushaan maupun antar perusahaan.
· Perbandingan dalam perusahaan
lintas nasional.
· Perbandingan didasarkan pada pasar
nasional subnasional.
5.
Analisis kelompok / cluster analysis
Tujuannya adalah membagi-bagi beberapa ariabel ke dalam
kelompok-kelompok untuk memaksimalkan persamaan dalam kelompok & perbedaan
antar kelompok.
6.
Indeks factor berganda / multiple
factor index.
Analisis
regresi.
·
Segmentasi
Pasar Global.
Segmentasi pasar global didefinisikan sebagai proses
mengidentifikasi kelompok atau kumpulan pelanggan potensial pada tingkat
nasional maupun sub nasional yang kianya mempunyai persamaan tingkah laku dalam
membeli.
Sekarang ini , para agen periklanan & perusahaan
global cenderung mensegmentasikan pasar dunia berdasarkan pada beberapa
kriteria kunci :
1.
Demografis
Didasarkan pada karakteristik populasi yang dapat diukur
ari seperti umur, jenis kelamin, pendapatan, pendidikan & pekerjaan.
2.
Psikografis
Proses pengelompokan orang dalam arti sikap, nilai-nilai
yang dianut, dan gaya hidup à idealis, materialis, tradisional.
3.
Karakteristik tingkah laku &
manfaat yang dicari.
Tingkah laku : memfokuskan pada apakah orang akan membeli
& menggunakan suatu produk atau tidak, disamping seberapa sering &
berapa banyak yang dipakainya. Konsumen dapat dikategorikan menurut tingkat
penggunaan, mis : pengguna berat , sedang, ringan, bukan pengguna. Atau menurut
status pengguna, mis : pengguna potensial, bukan pengguna, mantan pengguna,
pengguna regular, pengguna pertama kali, dan pengguna produk pesaing.
Manfaat yang dicari : manfaat yang ditawarkan suatu
produk tanpa memperdulikan wilayah geografisnya.
·
Menentukan posisi
produk di pasar global
Pemasaran menentukan posisi yaitu
suatu proses yang dipakai oleh perusahaan untuk menetapkan suatu citra dibenak
konsumen relative, terhadap citra produk yang ditawarkan oleh pesaing.
Menentukan posisi teknologi tinggi ( Hi-tech Positioning
)
Komputer pribadi , video & peralatan stereo, serta
mobil merupakan contoh kategori produk dengan menentukan posisi teknologi
tinggi terbukti efektif. Produk seperti ini sering kali dibeli atas dasar sifat
–sifat produk yang konkret walaupun citra mungkin juga penting. Pembeli
biasanya sudah mempunyai atau berkeinginan memperoleh informasi teknis yang
cukup banyak. Dibagi 3
1.
Produk teknis : computer, bahan
kimia. Contoh produk yang pembelinya mempunyai kebutuhan tertentu, perlu banyak
informasi serta mempunyai bahasa yang sama. Mis : pembeli computer di Eropa
& Amerika mempunyai pengetahuan yang setara mengenai mikroprosesor 486,
hard dis 80 mega, 8 mega RAM.
2.
Produk untuk peminat khusus. Produk
ini tidak terlalu teknis & lebih berorientasi pada waktu luang atau
rekreasi, mempunyai karakteristik pengalaman yang serupa & keterlibatan
pengguna yang tinggi. Bahasa yang sama & symbol yang berkaitan dengan
produk seperti itu dapat mengatasi hambatan bahasa & budaya. Peralatan olah
raga adidas, kamera Canon, contoh produk untuk peminat khusus yang sukses.
3.
Produk yang dapat ditunjukkan
kegunaannya. Produk yang berbicara untuk dirinya sendiri dalam iklan sifat
& dan manfaatnya juga berjalan dengan baik. Kamera instan Polaroid
merupakan contoh produk global yang dapat ditunjukkan kegunaannya & amat
sukses.
Menentukan posisi sentuhan canggih ( Hi-touch positioning
)
Kurang memerlukan penekanan pada informasi khusus &
lebih menekankan pada citra.
Pembeli produk sentuhan canggih juga mempunyai bahasa
yang sama & sekumpulan symbol yang berkaitan dengan tema kesejahteraan,
materialism, & romantisme . Ada 3 :
1.
Produk yang memecahkan masalah umum.
Kategori ini menyediakan manfaat yang berkaitan dengan
moment kecil dalam kehidupan . Iklan yang menayangkan percakapan diantara teman
di kafe sambil minum secangkir kopi atau menghilangkan dahaga dengan minuman
ringan disiang hari ditepi pantai menempatkan produk dipusat kehidupan
sehari-hari & mengkomunikasikan manfaat yang ditawarkan dengan cara yang
dipahami diseluruh dunia.
2.
Produk desa global.
Wangi-wangian chanel, pakaian mode pendesain, air mineral
& pizza merupakan contoh baik dari produk yang mempunyai posisi alami kuat
diseluruh dunia. Dalam pasar globalproduk mungkin mempunyai daya tarik global
hanya berdasaarkan pada Negara pembuatnya. Ke-Amerika-an dari Levis, Marlboro,
& Harley-Davidson. Sony merupakan nama yang sinonim dengan mutu Jepang,
Mercedes merupakan perwujudan insinyur Jerman yang legendaries.
3.
Produk yang menggunakan tema
universal.
Beberapa tema iklan & daya tarik produk dipikirkan
cukup mendasar sehingga benar bersifat transnasional. Tema tambahan adalah
materialissme ( kunci untuk citra oang kaya & status ), kepahlawanan ( tema
termasuk individu sederhana atau pengorbanan diri ) bermain ( waktu luang /
rekreasi ) & prokreasi ( citra masa pacaran & romantisme )
Perlu dicatat bahwa beberapa produk dapat diposisikan
dengan lebih dari 1 cara.
Misal : camera canggih dapat diklasifikasikan à produk
teknik & untuk peminat khusus.
Produk lain mungkin diposisikan dalam mode bi-polar
artinya sebagai produk berteknoloogi tinggi sekaligus sentuhan canggih.
Sumber :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar